26 April 2009

Persiapan Masuk Sekolah

Wah bentar lagi tahun ajaran baru nih moms, bagi anak2 moms yang mau masuk Playgroup, Tk, SD, pastinya sudah sibuk menyari sekolah yang cocok untuk anak moms semua, saya juga.

Seolah belum lama si anak masih bayi, tahu-tahu dia sudah siap untuk sekolah. Ada tuntutan yang tidak dapat di tolak oleh orangtua, anak-anak harus pergi sekolah dan berangkat tiap hari. Si kecil akan jauh dari Moms sepanjang hari, bersaing dengan teman sebayanya mendapat perhatian guru. Si kecil harus mengatasi tempat bermain yang ribut dan anak-anak yang mungkin tidak bertenggang rasa atau bersahabat. Si kecil harus duduk tenang, diam dan bekerja tanpa perhatian dan pujian terus-menerus. Ini pastinya tugas yang sulit. Semakin baik Moms mempersiapkan si kecila untuk sekolah semakin baik pula dia menghadapinya. Dia tidak harus bisa membaca, menulis, dan menghitung sebelum sekolah, namun akan membantu jika dia bisa bertahan dalam kegiatan tanpa bimbingan orang dewasa, duduk tenang, memegang pensil dengan benar, dan mengatasi keramaian kelas.

Berani jauh dari orang tua
Wah ini nih, orang tua sering menunggui di sekolah pada hari-hari pertama, Moms harus membiasakan diri melepaskan mereka belajar mandiri.

* Kegiatan yang bisa membantu : Bermain sendiri di halaman atau di dalam kamar, pergi ke playgroup, bermain di rumah atau halaman anak lain, di tinggal dengan baby-sitter atau pengasuh lainnya.


Menghadapi orang asing
Sekalipun ada beberapa orang teman yang di kenali si kecil, sekolah tetaplsh penuh dengan orang asing.

* Kegiatan yang bisa membantu : Pergi ke taman dan bermain bak pasir, seluncuran. Bergabung dalam kelompok ibu dan anak, berbicara dengan orang lain ketika dia keluar dengan pengasuhnya.


Tegar dalam keramaian
tempat bermain bisa menakutkan, selain berisik banyak anak lebih besar darinya berlarian kesana kemari.

* Kegiatan yang bisa membantu : Pergi ke kolam renang, mengunjungi tempat-tempat padat dan ramai, seperti stasiun dan pusat perbelanjaan, bermain dengan anak lain di taman.


Tidak Putus asa ketika di kritik
Kalaupun guru-guru tidak mengkritiknya, anak-anak lain akan melakukannya. Kritik bisa saja bertujuan baik atau murni ejekan, kadang kalakritikan bisa menyakitkan lho moms

* Kegiatan yang bisa membantu : Anak-anak butuh pujian karena memberi mereka harga diri, anak-anak tanpa harga diri mudah berputus asa. bahkan dengan harga diri tinggi si kecil perlu diajarkan teknik mengatasi kritik. apapun kata orang lain, si kecil adalah anak Moms yang istimewa


Bekerja dengan sedikit pujian
Betapapun besarnya keinginan guru-guru memuji setiap anak dalam setiap langkah, mereka tidak punya waktu untuk melakukan terus menerus.

* Kegiatan yang bisa membantu : Bermain agak jauh dari orang tua, bermain di halaman, gambar yang sudah selesai di pajang dari pada di puji terus menerus.


Bekerja Sendiri
Cepat atau lambat anak-anak harus belajar bekerja sendiri. Menghentikan agar si kecil tidak selalu bermain dengan moms sebaiknya di lakukan bertahap ya moms.

* Kegiatan yang bisa membantu : Diharapkan bisa mengambil mainannya sendiri, dan membenahinya, di harapkan bisa mandi dan berpakaian sendiri dll.


itu dulu untuk semeentara moms.....nanti kita sambung lagi ya..

0 komentar:

Award dari sifa thanx u

Award dari sifa thanx u

Award nih..

kecekecil Award

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP