28 Mei 2009

Menghadapi Anak Dengan Jitu


Wah kalau berbicara tentang aktifitas sebagai ibu rumah tangga memang tidak ada hentinya, mungkin sekadar memandikan, memakaikan baju udah biasa ya Moms.
Tapi yang menguras tenaga dan pikiran adalah, mengatasi konflik yang terjadi antara anak, apalagi dengan jarak umur yang berdekatan. Dari berebutan mainan, makanan, sampai berebut perhatian orang tua.
Memikirkan solusi dan cara pendekatan terhadap anak, betul-betul menguras pikiran....setuju Moms?

Anak-anak dalam proses meniru, setiap tindakan kita atau perkataan kita mereka akan menyerap dan langsung menerapkannya, kepada semua anggota keluarga. Kalau kita berbicara sedikit keras dan bernada ancaman, besoknya akan berbalik ke kita sendiri nih Moms, Si Anak akan juga berteriak dan mengancam, bingungkan Mom?

Ada tip cara mengatasinya, ini tidak mudah lhoMoms, butuh kesabaran deh, Saya sendiri saja masih belajar untuk mengatasinya.

* Kontrol emosi, berfikir sejenak, kalau perlu cuci muka atau keluar rumah sebentar, jangan sampai Moms bertindak di pengaruhi emosi, yang nanti akan Moms sesali.
* Berbicara dengan suara pelan tapi tegas.
* Terapkan aturan yang jelas, dan harus di laksanakan, oleh semua anggota keluarga.
* Yang bersalah harus di beri sanksi.
* Jangan mengeluarkan ancaman-ancaman, fokus Moms.
* Kalau anak-anak berkelahi cepat bertindak, cari solusinya.
* Membeli mainan sama yang bertujuan untuk mengatasi konflik bukan solusi yang pas, tapi kadang-kadang bisa mengatasi masalah pertengkaran

Ada lagi Moms solusi lain...di tunggu komentarnya..ya.

4 komentar:

reni mengatakan...

Anak itu emang paling jago kalau meniru. Kalau kita salah kata, bisa-2 suatu hari kata-2 yang pernah kita keluarkan akan "dikembalikan" lagi pada kita.
Aku udah beberapa kali mengalami spt itu... Hikss...

ceznez mengatakan...

jadi inget masa kecil baca tulisannya ibu ini.. :)

fifi mengatakan...

duh benar banget. jihan dan kahfi yang selisih umurnya 3th....menguras energi bundanya kalo lagi ribut....................

dendi mengatakan...

menarik artikelnya, saat ini aq juga lagi pas dapat job menghadapi anak yang super duper aktif dan kreatif, terkada polahnya bisa membuat emosi memuncak..terapi ya selalu ta'usahaain bersabar..seperti tips yang anda berikan

Thanks udah sharing

Award dari sifa thanx u

Award dari sifa thanx u

Award nih..

kecekecil Award

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP