04 Juni 2009

Cara Efektif Mengajar Anak Membaca

Saya dulu udah pernah bikin postingan yang berjudul Menggalakan Stimulasi Dini Pada Anak Nah moms yang sekarang sambungannya nih.


Saya biasa setiap malam mau tidur membacakan 1 atau 2 buku cerita untuk 2 putri saya yang cantik. Mereka sudah sangat terbiasa kalau mau tidur, di bacakan buku cerita, dan saya sangat kewalahan moms, karena mereka tidak puas-puasnya di bacakan buku cerita.

Efek yang saya lihat dari kegiatan ini sangat luar biasa, anak saya Edlyn yang baru umur 2.4 bulan sudah bisa lancar menceritakan kembali cerita dan dapat menjelaskan detail gambar yang ada pada buku cerita. "ada capung terbang, awannya warna putih, kucingnya mau duduk dan Sali sepatunya warna merah", seperti itu cara dia menjelaskannya.
Nah kalau kemampuan bicara Edlyn, itu jelas terasa dari efek stimulasi kartu baca Moms, sejak bayi sudah saya kenalkan dengan kartu stimulasi yang bergambar, angka, warna dan hasilnya dia cepat pandai berbicara, dan yang bikin surprise dia langsung bisa mengenali warna, bentuk tanpa perlu di ajarkan lagi.

Nah kalau untuk kakaknya yang berumur 4 tahun, yang tahun ini masuk TK, efek yang sangat jelas, saya tidak terlalu susah untuk mengajarkannya membaca, karena dasarnya sudah kuat dari kecil plus sudah tertanam rasa suka membaca, betul Moms tidak perlu di bawa les membaca deh.

Tips mengajarkan membaca pada anak :
  1. Sekarang banyak buku yang mengajarkan cara membaca untuk anak, cari yang mudah di cerna sama anak Moms, setiap anak punya gaya sendiri, pelajari deh gaya anak moms.
  2. Plus pakai kartu Baca, membantu sekali lho Moms. Kartu baca bisa di pakai bermain sambil belajar, Moms bisa susun kartunya dilantai terus suruh deh si kecil lari ambil kartu sesuai yang kita suruh, seperti ambil a untuk apel, ambil k untuk kentang, trus jangan lupa kasih pujian atau ciuman kalau si kecil mengerjakannya secara tepat.
  3. Mengajar sambil bermain, bernyanyi, bikin nyanyi ciptaan sendiri aja Moms...biar asyik.
  4. Waktu belajar tidak boleh lebih dari 15 menit, biar si anak kagak bosan.
  5. Kasih hadiah atau pujian kalau dia sudah berhasil mencapai satu target kita, atau seperti saya, setiap dia berhasil belajar dengan baik, saya beri dia satu stempel berbentuk bintang di tangan dan dibuku. Kalau untuk buku, terkumpul sepuluh bintang dia akan dapat 1 hadiah. It works pastinya, anak saya semangat tuh belajarnya...
  6. Niat Moms sendiri, usahakan luangkan waktu selama 10 menit aja tiap hari, tidak ada alasan tidak punya waktu, ingat Moms just 10 minutes..
Nah silahkan coba MOms......

7 komentar:

ople mengatakan...

wah....jadi kepingin ni pacar saya belajar dari ibu ini.....

Dewi Tantri mengatakan...

terima kasih

genialbutuhsomay mengatakan...

tipsnya sangat bermanfaat... nanti bisa saiia praktekkan ke keponakan deyh :)
btw... kk sama ade luthu2 iiaa... hehehe... salam kenal :)

bayi-anak mengatakan...

halo mbak dewi, salam kenal mbak. ak tau dari testimoni kursus-online loh. wah ternyata kita sesama moms ya..hehe..senangnya.
mbak alhamdulillah putraku udah melek huruf di usianya yg ke 21 bulan, alhamdulillah juga sekarang (2 tahun 4 bulan) sudah berhitung 1-30, hafal huruf hijaiyah (alif - ya) sambil lihat tulisannya dan skrg udah mulai ngoceh one - ten. hehe senangnya..kisahnya ada di blog aku, tapi sedang tahap pindahan ke bayianak.com. tar klo udah fix blognya kita tukeran link yu..thx mbak

peranita mengatakan...

Bermanfaat bgt ni mbak
salam kenal, ijin saya copy di blog/fb saya ya..

sirih merah mengatakan...

tips yang bermanfaat nih, trims mba atas tipsnya

Asvan parid mengatakan...

harus saya suruh istri saya nih untuk praktek . heee

mksh mbak tips ny :)

Award dari sifa thanx u

Award dari sifa thanx u

Award nih..

kecekecil Award

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP