15 Februari 2009

Menggalakan Stimulasi Dini Pada Anak


Sepertinya kalo udah ngomong tentang anak, pasti kagak abisnya. Saya udah sering sekali membaca tentang stimulasi dini pada anak yang dimulai sejak bayi, dan dipercaya bisa meningkatkan kecerdasan, meningkatkan kepandaian komunikasi, sampai menambah ikatan kasih antara ibu dengan sianak, kenapa begitu?.

Kita dianjurkan menstimulasi anak dari mulai umur 8 bulan sampai 5 tahun, karena pada masa itu otak mereka sangat cepat menyerap informasi yang ada didepan mereka.


Banyak cara untuk menstimulasi anak dan salah satunya yang dianjurkan adalah memakai kartu baca yang bergambar dan berwarna warni. Yup betul, tujuan jelas memancing rasa ingin tahu mereka untuk melihat gambar tersebut dan pasti mereka akan cepat mengingat. Kita dianjurkan menatap mata mereka, tersenyum, wah hasilnya akan bermanfaat betul deh, Karena itu akan membentuk anak yang mempunyai rasa percaya diri tinggi, karena mereka sudah biasa dilingkungan yang memberi rasa nyaman.


Saya ada beberapa pengalaman, setiap saya bawa anak2 saya kemana-mana banyak yang heran dengan bahasa komunikasi mereka, pengucapan yang bagus, kosa kata yang banyak dan yang pasti punya rasa percaya diri tinggi. Mereka bertanya bagaimana caranya, saya bilang stimulasi pakai kartu baca. KARTU BACA, APA ITU?.


Uups masih banyak yang belum mengetahui tentang stimulasi dini, bisa dimaklumi saya tinggal di sebuah kecamatan

, besar sih, tapi tingkat kesadaran ibu2 disini untuk perkembangan anak masih rendah. Wah sayang betul ya, langsung saya terangkan apa yang saya lakukan, mereka dengan antusias mendengarkan dan semangat untuk melakukannya, but ada lagi nih kendala saya tinggal dikecamatan yang setahu saya tidak

menyediakan kartu baca dan banyak juga pelayan toko yang tidak tahu, apa itu kartu baca., mungkin mereka tidak menyediakanya karena yaitu itu tadi peminatnya tidak ada,

sayang ya.


Nah pengalaman diatas membuat saya tercetus ide, untuk menyediakan kartu baca bagi ibu2 yang berminat, tapi terkendala modal nih, untuk membeli kartu baca tersebut kedistributornya pastinya mereka minta dalam permintaan dalam jumlah besar, terpaksa deh merayu suami minta modal, alhamdulillah dapat. Beliau sangat mendukung niat saya, hebatkan my lovely husband.

Allhamdulillah animo mereka cukup besar, dan sekarang program saya sedang berjalan nih, kemana saja saya pergi saya selalu mempromosikan kartu baca, targetnya pastinya bukan untung, saya hanya ingin membagi ilmu dan pengalaman saja, supaya nanti akan bertambah anak2 penerus bangsa yang berkualitas, amin.

2 komentar:

susan edris mengatakan...

ibu yang baik,
saya tertarik dengan kartu bacanya, bagaimana caranya saya mendapatkannya ya . .

terimakasih
susan edris

Dewi Tantri mengatakan...

mbak susan bisa cari di toko buku...

Award dari sifa thanx u

Award dari sifa thanx u

Award nih..

kecekecil Award

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP