04 Maret 2009

Menghadapi Anak Yang Tidak mau Mengalah

Dari judulnya aja udah ketahuan tuh, pastinya banyak moms semuanya sudah mengalami, anak yang jarak umurnya terlampau dekat, biasanya akan sering timbul pergesekan diantara mereka, dibanding dengan anak jarak umurnya agak berjauhan.


Yang paling sering terjadi pergesekan pada usia anak 2-6 tahun, wah repotnya, kalau mereka lagi sedang berebutan mainan, yang lebih susah lagi kalau mereka suka mengambil mainan saudaranya dan mengklaim itu hak milik dia.


Permasalahan diatas aku alami sendiri, dan caranya butuh kerjasama antara siayah dan bundanya, karena ketegasan diperlukan disini. Ada contoh permasalahan nih sikakak dan adik sama2 sibelikan spidol, yang kakak ukuran besar dan yang adek ukuran kecil, itu sesuai dengan pilihan mereka. Pas sampai dirumah timbul konflik si adek merasa spidolnya tidak sebagus kakaknya wahasil siadek berusaha merebut spidol tersebut, pastinya sikakak tidak mau direbut hak miliknya, jadi deh perkelahian dan diakhiri dengan tangisan.
Solusinya yang aku pakai adalah memberi pengertian kesiadek bahwa itu bukan punya dia, itu punya kakak dan sikakak diajarkan untuk mau berbagi dengan adeknya. Berhasil tapi cuma sebentar, nanti timbul lagi konflik, begitu terus.

Untuk mengakhiri konflik, aku beri siadek spidol ukuran besar tapi modelnya tidak sama, kelihatannya itu akan menyelesaikan masalah eeeh malah tambah timbul konflik yang baru lagi. Nah sikakak yang melihat spidol baru adek yang mungkin dia anggap lebih bagus dan pastinya lebih baru, langsung merebut dan mengklaim itu punya dia., dan spidol lamanya dikasih keadeknya. Wah ini tidak bisa dibiarkan lagi, ini butuh tindakan tegas, karena kalau dibiarkan saya takut akan membentuk mental sikakak yang mau menang sendiri. Siayahlah yang mulai berperan disini, diambilnya semua spidol sikakak dan adek, sambil diberi tahu kalau spidol ini tidak akan diberikan kepada mereka sampai mereka berdua paham dengan arti hak milik masing2. Dan berhasil sikakak langsung minta maaf dan mau merubah kata-katanya kalo spidol itu memang milik adeknya dan dia hanya sebagai pemimjam.


Kayaknya solusi ini akan berhasil sementara saja, karena akan butuh waktu lama untuk membentuk mereka supaya bisa saling menghargai hak milik masing2
.
Yang penting permasalahan ini jangan dianggap remeh, dan kita harus selalu langsung take action jangan dibiarkan samapi berlarut-larut.

0 komentar:

Award dari sifa thanx u

Award dari sifa thanx u

Award nih..

kecekecil Award

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP