16 Maret 2009

Cara Menghadapi Anak Yang Suka Memaksakan Kehendak Di Tempat Umum

Biasanya kita sebagai parents pas hari libur sabtu atau minggu sering mengajak anak kita ke pusat perbelanjaan, pernahkah moms sekalian mengalami anak2 yang meminta ini itu kalau tidak dituruti akan menangis dan mungkin sampai berteriak-teriak?, sikap tersebut tidak bisa dibiarkan saja tentunya. Saya sudah lupa kapan waktu saya nonton acara Nanny 911 di Metro TV, diacara tersebut saya melihat kisah yang hampir sama yang dialami oleh moms sekalian, dan saya juga.

Saya dapatkan beberapa tip yang bisa diterapkan :

1. Kalau kita berencana mau pergi kepusat perbelanjaan, kita sedapatnya membuat daftar apa yang akan kita beli atau apa yang akan kita lakukan, dengan melibatkan sianak.
2. Sianak kita suruh menyebutkan apa yang dia inginkan, tentunya kita yang membatasi, trus dicatat, dan dijelakan kembali kepada sianak.
3. Yang paling penting memberikan pengertian kesianak kalu kita hanya akan membeli yang ada didaftar atau hanya kepusat permainan saja, pokoknya kita harus beri batasan yang jelas.
4. Harus tegas dalam memberikan sanksi kalau sianak tidak menuruti perjanjian yang telah kita buat bersama.
5. Memberi reward atau hadiah, bisa dalam bentuk pujian atau yang lain terserah anda, karena dia telah menepati perjanjian tersebut.

Dan itu saya terapkan kepada anak saya, dan it work...
Contohnya kejadian beberapa hari yang lau, kami mau kepusat perbelanjaan dengan tujuan hanya menukar tiket hadiah yang didapatkan sianak dimesin permainan dipusat pebelanjaan tersebut. Saya bilang kalu kita hanya menukarkan tiket, tidak ada waktu untuk bermain,kebetulan tempat favorit dia adalah tempat mandi bola. Biarpun dia sudah ditempat bermain tersebut, tidak ada sedikitpun dia meminta untuk bermain, saya pancing dengan bertanya kakak mau bermain?, kan bunda bilang kita hanya ambil hadiah saja, tidak untuk bermain, bunda lupa ya.....Alhamdulillah .

0 komentar:

Award dari sifa thanx u

Award dari sifa thanx u

Award nih..

kecekecil Award

  © Blogger templates The Professional Template by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP